Unit Penunjang

Laboratorium

Di mana berbagai macam tes dilakukan pada spesimen biologis untuk mendapatkan informasi tentang diagnosa penyakit dan kesehatan pasien.

Tes darah lengkap

Tes darah lengkap atau yang disebut juga dengan tes hitung darah lengkap sebenarnya tidak memberikan diagnosis yang definitif terhadap suatu kondisi. Meski begitu, pemeriksaan ini dapat memberikan petunjuk penting mengenai masalah kesehatan dalam diri Anda yang mungkin terjadi.

Uji protein C – reaktif

es darah ini bertujuan untuk mengetahui adanya peradangan. Protein C-reaktif (CRP) adalah protein yang diproduksi oleh hati. Jika protein C-reaktif lebih tinggi dari normal, artinya terjadi peradangan di dalam tubuh.

Tes koagulasi

Tes ini dilakukan untuk melihat adakah masalah pembekuan darah, seperti yang dialami oleh penderita penyakit von Willebrand dan hemofilia. Tes ini dilakukan dengan melihat atau mengukur seberapa cepat darah menggumpal.

Tes Bebas Narkoba

Bagi para calon pencari kerja atau pegawai, surat keterangan bebas Narkoba menjadi salah satu berkas yang sangat penting. Apalagi saat ini pemerintah sedang gencarnya memerangi permasalahan sosial yang terakit penyalahgunaan Narkoba.

Radiologi

Merupakan salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan layanan pemeriksaan Radiologi dengan hasil pemeriksaan berupa foto atau gambar untuk membantu dokter yang merawat Pasien dalam penegakan diagnosis.

Pemeriksaan foto Rontgen

Pemeriksaan foto Rontgen dilakukan untuk menampilkan bagian tubuh pasien dalam gambar 2 dimensi dengan menggunakan mesin yang mengeluarkan radiasi sinar-X.

Pemeriksaan ultrasound (USG)

Pemeriksaan USG dilakukan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi, yang diarahkan ke bagian tubuh yang akan diperiksa. Gelombang suara tersebut akan memantul saat mengenai objek padat, seperti organ dalam tubuh atau tulang.

Pemeriksaan CT scan

Pemeriksaan CT scan bertujuan menampilkan gambar bagian dalam tubuh pasien dengan lebih jelas dari berbagai sudut. CT scan dijalankan menggunakan mesin pemancar sinar-X yang dilengkapi sistem komputer khusus, sehingga bisa menampilkan gambar organ tubuh secara detail.

Pemeriksaan MRI

Pemeriksaan MRI adalah salah satu metode untuk melihat kondisi bagian dalam tubuh. Berbeda dengan pemeriksaan lain, MRI dilakukan menggunakan mesin yang dilengkapi medan magnet kuat yang dapat menghasilkan gambar bagian dalam tubuh pasien. Pemeriksaan MRI bisa berlangsung hingga satu jam atau lebih.

Bank Darah Rumah Sakit

merupakan suatu unit pelayanan di rumah sakit yang bertanggung jawab atas tersedianya darah transfuse yang aman,berkualitas dan dalam jumlah yang cukup untuk transfuse yang aman,berkualitas dan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Transfusi Darah

pemindahan darah dari donor ke dalam peredaran darah penerima (resipien). Transfusi darah merupakan salah satu bagian penting pelayanan kesehatan modern. Bila digunakan dengan benar,transfusi dapat menyelamatkan jiwa pasien dan menigkatkan derajat kesehatan .

Pelayanan transfusi

Pelayanan transfusi yang aman tergantung pada penyediaan produk darah yang aman, kecocokan antara darah yang akan diberikan dan pasien yang menrima transfusi, serta ketepatan indikasi pemberian transfusi.

Pengambilan sampel darah pasien

Sampel darah pasien untuk pemeriksaan pratransfusi diambil langsung dari pembuluh darah pasien dan harus ditampung di dalam tabung tersendiri.

Penyimpanan darah dan komponen darah

Penyimpanan darah dan komponen darah dilakukan dalam tempat dan suhu optimal sesuai dengan ketentuan.

Instalasi Farmasi

Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan Rumah Sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai yang bermutu dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat termasuk pelayanan farmasi klinis.

FARMASI 24 JAM

Pelayanan peracikan obat hingga distribusi bagi pasien rawat inap serta rawat jalan. Farmasi rawat inap melayani selama 24 jam baik untuk pasien rawat inap maupun pasien umum.

FARMASI KLINIS

Informasi dan konsultasi seputar obat, baik untuk kebutuhan internal dokter dan perawat, juga pasien dan keluarga pasien yang membutuhkan informasi seputar obat yang sedang dikonsumsi. Layanan konsultasi dilayani oleh petugas farmasi.

GUDANG PERBEKALAN OBAT

Pusat penyimpanan obat untuk kebutuhan seluruh area Kabupaten kediri. Juga mengelola penyimpanan obat sesuai ketentuan yang berlaku.

PENCAMPURAN OBAT STERIL

Ruang pencampuran obat steril RSUD Kab Kediri, memenuhi kebutuhan pencampuran obat bagi pasien, termasuk obat kemoterapi bagi pasien kanker. Dibawah naungan Instalasi Farmasi, di ruang sitostatika juga menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan obat bekerjasama dengan lembaga kajian obat salah satu perguruan tinggi.

Hemodialisa

Terapi cuci darah di luar tubuh untuk seseorang yang ginjalnya tidak bekerja secara normal. Didukung kerjasama tim yang beranggotakan dokter spesialis penyakit dalam, dokter nefrologi, dokter umum yang bersertifikasi HD, serta perawat yang terampil, mahir dan bersertifikat. Layanan Hemodialisa RS Awal Bros mampu memberikan kenyamanan dan keamanan untuk pasien selama menjalani terapi ini di rumah sakit.

Ginjal yang sehat

Ginjal juga membentuk zat-zat yang menjaga tubuh untuk tetap sehat. Hemodialisa menggantikan beberapa manfaat dari ginjal ketika ginjal sudah tidak lagi bekerja. Hemodialisa dibutuhkan ketika ginjal tidak lagi dapat bekerja dengan baik sehingga tubuh memiliki zat-zat yang seharusnya sudah dibuang dari darah atau cairan tubuh. Kondisi ini biasanya membuat pasien mengalami gejala seperti mual, muntah-muntah, pembengkakan, hingga lemah dan lesu. Namun, gejal tersebut tidak selalu muncul.

Cara Kerja Hemodialisa

Mesin berperan sebagai ginjal artifisial (ginjal buatan) yang digunakan untuk membersihkan darah. Untuk melakukan hemodialisa, dokter perlu membuat akses atau jalan masuk ke pembuluh darah pasien, biasanya pada bagian tangan. Di dalam mesin ini terdapat bagian-bagian yang bertugas menyaring darah pasien.